Tips Menjaga Meja Makan

Saturday, September 29th 2018.

Tips Menjaga Meja Makan

Tips Menjaga Meja Makan

Meja makan merupakan salah satu perabotan wajib yang ada di ruang makan. Meja makan juga selalu dijumpai di berbagai restoran. Umumnya meja makan selalu diseting berpasangan dengan kursi makan. Meja makan biasanya di desain berbentuk segi empat, persegi, oval atau bundar. Dan biasanya memiliki hiasan atau ukiran yang menambah keindahan pada meja makan.

Sebelum membaca artikel, berikut produk kami yang mungkin Anda suka :

Set Meja Makan Ukir Raffi Ahmad Kayu Jati Asli Set Meja Makan Ukir Raffi Ahmad Kayu Jati Asli
Set Meja Makan Ukir Raffi Ahmad Kayu Jati Asli Set Meja Makan Ukir Raffi Ahmad Kayu Jati Asli Set Meja Makan Ukir Raffi Ahmad Kayu Jati Asli

Kembali ke artikel, Bahan dasar membuat meja makan kebanyakan adalah kayu, kaca, dan beberapa ada yang menggunakan besi atau aluminium pada bagian kaki meja makan. Untuk bahan kursinya biasanya mengikuti bahan pada meja makan. Karena tempat untuk makan maka kebersihan dan kenyamanan meja makan merupakan yang utama. Karena akan mempengaruhi selera dan perasaan saat makan.

Apakah ada beberapa tips menjaga meja makan?

6 Tips Menjaga Meja Makan

  1. Kebersihan meja makan.

Pentingnya menjaga meja makan adalah untuk menjaga kehigienisan pada meja makan dan makanan yang ada di meja makan. Dengan menjaga kebersihan meja makan maka akan terhindar dari jamur-jamur dan bakteri dan tentunya dapat merusak bahan meja. Biasanya akan muncul plak atau noda yang pastinya akan mempengaruhi estetika meja makan. Cara membersihkan furniture kayu lain juga bisa Anda terapkan disini.

Untuk menjaga kebersihan anda dapat mengelap meja makan secara teratur. Bisa juga dengan cairan anti bakterial agar lebih higienis. Kebersihan lap meja juga perlu diperhatikan.

  1. Menjaga meja agar tetap kering.

Menjaga meja agar kering bertujuan untuk mengurangi kelembapan meja makan. Meja makan yang lembab akan membuat jamur dan bakteri cepat tumbuh dan berkembang biak. Apabila meja makan ditumbuhi jamur dan bakteri dan kondisinya lembab dapat menimbulkan bau tidak sedap.

Tentunya akan mengganggu selera dan mood makan. Sedangkan untuk bahan besi, air dapat menyebabkan karat dan meja makan menjadi tidak higienis Untuk mengurangi kelembapan meja, anda dapat meletakan meja pada sudut yang terkena sinar matahari. Selain itu pada bagian kaki meja dapat ditambahkan sepatu karet bagi kaki dari meja makan agar air dari lantai tidak meresap ke kaki meja.

  1. Memoles dan melapisi meja makan.

Agar meja makan semakin terlihat bersih dan mengkilat, anda dapat melapisinya dengan pelapis kayu seperti pledge atau pembersih furniture lainnya. Selain itu, fungsi melapisi meja makan adalah agar tidak cepat jamuran, tidak cepat lapuk, dan tahan rayap. Selain plitur dapat juga menggunakan cat kayu.

Anda dapat request warna dari meja makan dengan berbagai warna agar lebih indah. Untuk bahan kaca tidak perlu menggunakan pelapis karena sifat bahannya yang sudah mengkilat dan tidak tembus air. Sedangkan untuk bahan besi bisa dilapisi cat besi.

  1. Memberikan taplak meja.

Pentingnya memberikan taplak meja pada meja makan adalah agar makanan tidak tumpah langsung ke meja. Apabila makanan anda tumpah maka hanya perlu mengganti taplak meja saja. Bahan taplak meja bermacam-macam. Biasanya taplak meja berbahan katun karena menyerap air dan minyak….

…Di beberapa restoran ada juga yang menggunakan bahan nilon. Bahkan tak jarang ada yang menggunakan bahan kain banner. Biasa dijumpai pada warung-warung makan  di pinggir jalan. Untuk meja makan rumahan, bisa menggunakan taplak meja katun. Taplak meja juga wajib diganti minimal sehari sekali agar tidak tidak banyak bakteri saat makan. Selain itu juga menggangu apabila ada noda makanan di taplak meja.

  1. Bersihkan meja makan dengan menggunakan kuas/kemoceng.

Membersihkan meja makan dengan menggunakan kuas atau kemoceng berguna agar debu-debu yang nyelip di sela-sela sudut meja dapat terjangkau dan terbuang. Dan setelahnya dapat anda lap dengan kain basah kemudian kain kering agar lebih bersih.

Selain bagian atas meja bagian bawah dan kaki meja makan juga harus dibersihkan. Biasanya pada bagian bawah meja banyak debu dan sarang serangga apabila jarang dibersihkan.

  1. Gunakan meja makan hanya saat makan.

Terkadang meja makan juga digunakan untuk menyimpan makanan. Sebaiknya makanan disimpan pada lemari pendingin tidak di meja makan. Hal ini dianjurkan agar meja makan terus dalam keadaan bersih saat tidak digunakan untuk makan.

Untuk informasi pemesanan meja makan minimalis, ukir atau furniture lainnya dari jatibagus.com, Anda bisa klik di toko furniture online terpercaya jual aneka furniture. Terimakasih telah berkunjung : )

 

Produk terbaru

Info Toko Mebel Jepara

Jatibagus Furniture : Toko Bagus Mebel Jepara Produksi & Jual Macam-macam Model mulai dari Furniture Minimalis, Antik, Retro Vintage, Natural. Perabot Ruangan Rumah seperti Kursi Tamu Sofa Ukir Jepara, Kursi Tamu Minimalis Modern, Kursi Tamu Harga Murah, Kursi Teras Murah, Lemari Pakaian Ukir Khas Jepara, Almari Minimalis, Bufet Hias, Bufet TV Minimalis, Lemari Hias Jepara, Model Tempat Tidur Minimalis - Ukiran Mewah, Set Kamar Tidur, Meja Rias Jati Ukir, Meja Rias, Tolet Duco Putih, Meja Makan Minimalis, Meja Makan Ukir Jati Jepara, Gebyok Ukiran Jati, Gebyok Kaligrafi, Gazebo Glugu dll.

Instagram Kami