Tips Agar Lemari Pakaian Awet

Saturday, September 15th 2018.

Lemari adalah salah satu perabotan yang ada di setiap rumah. Awal mulanya lemari diciptakan sebagai tempat menyimpan barang-barang berharga seperti perhiasan, pakaian dan lain-lain. namun seiring dengan perkembangan zaman desain lemari sangat beragam dan fungsinya bermacam-macam. Pada zaman sekarang ini, menyimpan pakaian wajib ditata di dalam lemari agar selain rapi, ketika hendak mengambilnya juga lebih mudah dan tidak bingung.

Selain membuat ruangan lebih rapi, menyimpan pakaian dalam lemari membuat pakaian terlindungi dari berbagai kotoran dan menjaga agar tetap bersih dan wangi. namun perlu diperhatikan berbagai hal agar lemari pakaian tetap awet.

Agar pakaian tetap terjaga dengan baik maka lemari penyimpan pakaiahttps://www.jatibagus.com/daftar-lemari-almari-pakaian-terlengkap/n juga harus terawat dengan baik.

Masalah seperti ini sering dialami oleh anak kos atau ibu rumah tangga baru yang tidak paham tentang perihal ini. Berikut jatibagus.com akan membahas sedikit tips tentang menjaga lemari pakaian agar tetap awet.

6 Tips Menjaga Lemari Pakaian Agar Awet

  1. Pemilihan bahan lemari

Lemari Pakaian 6 Pintu Kayu Finishing Emas

Lemari Pakaian 6 Pintu Kayu Finishing Emas

Bahan lemari sangatlah penting. Bahan adalah hal utama yang akan menentukan kualitas lemari pakaian. Semakin kuat bahan maka lemari akan semakin awet. Umumnya bahan-bahan yang digunakan untuk membuat lemari adalah kayu, plastik, dan kaca. Bahan-bahan tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Pemilihan bahan juga tergantung pada selera serta budget pemakai. Bahan plastik terkadang awet terhadap air dan rayap namun biasanya memiliki bau plastik yang menyengat. Sementara bahan kaca terlihat lebih bersih tetapi perlu hati-hati agar tidak pecah. Sementara lemari kayu adalah yang paling sering digunakan untuk masyarakat indonesia.

Kayu apa yang awet untuk lemari pakaian?

Kayu jati merupakan kayu favorit bagi masyarakat umum, kayu jati memang di kenal awet dan memiliki serta bagus. Selain kayu jati, ada juga kayu mahoni yang bisa digunakan untuk membuat lemari pakain, mulai dari minimalis hingga ukiran. Kayu mahoni biasanya lebih cocok untuk lemari pakaian yang memiliki warna putih atau yang biasanya di namai duco putih.

 

  1. Peletakan lemari

Salah satu solusi untuk masalah ini adalah dengan tidak meletakan lemari menempel pada tembok ruangan dan letakan di sudut ruang yang terkena sinar matahari. Pada bagian kaki lemari dapat di beri alas seperti kertas atau kain. Usahakan agar lemari pakaian tetap kering sehingga jamur tidak dapat tumbuh.

Lebih baik tidak terlalu fokus pada suasana saja, akan tetapi perhatikan juga peletakan agar selaras dengan desain ruangan Anda, atau agar lemari pakaian minimalis bisa lebih fungsional dan menghias sudut ruangan. Cobalah dengan menempatkannya di sudut kamar di tambah dengan dekorasi dinding juga bisa menambah suasana nyaman dalam ruangan.

 

  1. Lapisi lemari dengan cairan pelapis agar awet

Lemari Pakaian 4 Pintu 2 Laci Kayu Mahoni Duco Putih Ivory

Lemari Pakaian 4 Pintu 2 Laci Kayu Mahoni Duco Putih

Untuk lapisan pengawet yang digunakan disesuaikan dengan bahan lemari itu sendiri. Untuk lemari berbahan kayu biasanya pada bagian luar dilapisi finishing khusus. Ada yang memanggilnya plitur, sanding, atau hanya finishing, hal ini digunakan agar kayu tidak tembus air dan tidak lembab. Pelapisan warna juga harus diperhatikan karena apabila berlebihan akan menyebabkan isi lemari bau cairan plitur.

Sementara untuk bahan plastik dan kaca bisanya tidak perlu dilapisi cairan apapun karena sifat bahannya yang lebih awet. Terkadang ada juga lemari yang dilapisi cat. Cat yang digunakan umumnya adalah cat minyak dan cat kayu. Akan tetapi menggunakan lemari kaca untuk lemari pakaian kurang bermanfaat karena lebih cocok untuk pintu lemari pajangan/hias.

 

  1. Pemilihan ukuran lemari

Lemari Minimalis Geser Sliding Pintu Tiga

Lemari Minimalis Geser Sliding Pintu Tiga

Pemilihan ukuran lemari tentunya harus disesuaikan dengan luasan ruangan. Biasanya orang-orang memilih ukuran lemari yang besar agar dapat memuat pakaian atau barang yang lebih banyak.

Namun terkadang ukuran lemari yang tidak ideal dengan ruangnya di mana lemari tersebut diletakan. Hal tersebut akan menyebabkan lemari cepat kropos dan usang karena berhimpitan dalam satu ruangan yang sesak. Idealnya ukuran lemari tidak lebih dari 1/3 luasan ruangan.

 

  1. Model lemari pakaian minimalis atau ukiran?

Selain ukuran, model lemari juga perlu diperhatikan. Pemilihan model sebenarnya lebih tergantung pada selera masing-masing. namun model lemari juga harus disesuaikan dengan ruangan dan penataan ruang.

Pemilihan model lemari yang sesuai dengan selera akan membuat pemilik lemari lebih senang dan serius untuk merawat lemari pakaiannya. Selain itu model lemari juga perlu disesuaikan dengan tata ruang agar lebih indah dan enak dilihat. Ukiran bagi Anda yang menyukai hal klasik atau mewah, dan model minimalis lebih dipilih oleh mereka yang memiliki space sedikit namun ingin memaksimalkan ruangan.

  1. Menggunakan Kapur Barus

Meskipun sudah dilapisi dengan plitur dan cat, terkadang rayap dan tikus juga masih dapat menembus bahan lemari. Penggunaan kapur barus bertujuan sebagai pengusir serangga dan binatang agar menjauh dari lemari.

Karena bau kapur barus tidak disukai oleh mereka. Selain itu kapur barus juga dapat memberikan aroma pada isi lemari agar tidak apek. Pemakaian kapur barus juga seperlunya saja karena jika terlalu banyak dapat meninggalkan noda putih pada pakaian.

Itulah sedikit tips untuk menjaga lemari pakaian agar tetap awet bertahun-tahun, semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa Anda juga bisa order lemari pakaian desain sendiri di jatibagus.com.

Selamat berbelanja dan Terimakasih telah berkunjung.

Produk terbaru

Info Toko Mebel Jepara

Jatibagus Furniture : Toko Bagus Mebel Jepara Produksi & Jual Macam-macam Model mulai dari Furniture Minimalis, Antik, Retro Vintage, Natural. Perabot Ruangan Rumah seperti Kursi Tamu Sofa Ukir Jepara, Kursi Tamu Minimalis Modern, Kursi Tamu Harga Murah, Kursi Teras Murah, Lemari Pakaian Ukir Khas Jepara, Almari Minimalis, Bufet Hias, Bufet TV Minimalis, Lemari Hias Jepara, Model Tempat Tidur Minimalis - Ukiran Mewah, Set Kamar Tidur, Meja Rias Jati Ukir, Meja Rias, Tolet Duco Putih, Meja Makan Minimalis, Meja Makan Ukir Jati Jepara, Gebyok Ukiran Jati, Gebyok Kaligrafi, Gazebo Glugu dll.

Instagram Kami